Quote of the Day

more Quotes

Sunday, November 4, 2012

Analisis Bisnis Sepatu Lukis

Sepatu dengan corak lukisan kini makin marak di kalangan anak muda. Para anak muda makin percaya diri mengenakan jenis sepatu tersebut ketika beraktivitas sehari-hari di kalangan mereka. Kondisi tersebut membuat permintaan akan sepatu bercorak lukisan semakin meningkat. Kali ini saya akan melakukan analisa terhadap Sepatu Lukis

Apakah yang Dimaksud dengan Sepatu Lukis?

Sepatu lukis adalah sepatu berbahan dasar kanvas yang dilukis menggunakan cat akrilik dengan gambar-gambar sehingga menjadi sepatu yang menarik.

Bagaimana Sejarah Sepatu Lukis?

Sepatu kanvas yang dimodifikasi menjadi painted canvas shoes, masuk di Indonesia sekitar 2006 namun sayangnya belum semarak seperti sekarang ini. Di Amerika Serikat, tepatnya di kota New York, sepatu kanvas lukis ternyata sudah ada sejak 1990-an. Di sana sepatu kanvas akrab dikenal dengan nama sneakers.

Sneakers yang sudah dimodifikasi berawal dari street art. Seni yang dekat dengan keseharian kita atau seni jalanan. Yang mempopulerkan sepatu kanvas lukis ini adalah para penari breakdance. Sejumlah seniman sneaker seperti Arks dan Tutu menjadi orang-orang yang kerap mempopulerkan sepatu ini. Arks dan Tutu bergabung dalam ‘Sneakers Whothinkfamous’. Tutu dan Arks memilih sepatu untuk dilukis (canvas shoes paint) dan mempopulerkannya kembali tahun 2006-an.

Di negara Asia, tren sepatu lukis ini berawal di Singapura. Adalah Chee desainer (shoe fetish) yang mengawali tren sepatu lukis kanvas ini. Chee membuat sepatu karyanya ini dalam jumlah yang terbatas alias dibuat hanya satu buah tiap pasangnya.

Chee memberi nama hasil karyanya dengan nama ‘Minou’ yang artinya kucing. Minou menjadi terkenal di Singapura tahun 2005-an. Di Indonesia sendiri, sepatu lukis ini jarang di jual bebas, kebanyakan dijual di butik, distro atau toko online.

Mengapa Sepatu Lukis Sangat Digemari?

Sepatu lukis menjadi sangat digemari karena…
  1. Memiliki model yang beragam
  2. Untuk yang suka tampil beda, desain gambar biasanya limited (terbatas)
  3. Bagus tapi (relatif) murah
  4. Cocok untuk segala kalangan
  5. Untuk yang suka berkreasi sendiri, pembuatannya mudah sehingga dapat dibuat sendiri dengan peralatan seadanya

Bagaimana Sepatu Lukis dalam Dunia Bisnis?

Dengan banyaknya peminat saat ini, bisnis sepatu lukis merupakan bisnis yang menggiurkan. Dengan modal yang tidak terlalu banyak dan bahan yang tidak akan kadaluarsa. Untuk permulaan memang sulit mendapatkan pelanggan. Tetapi dengan banyaknya link dan pemasaran yang baik, bisnis ini dapat menghasilkan omset yang besar. Untuk pemasarannya, misalnya melalui social network, atau distro bahkan nebeng toko atau distro milik orang lain. Atau bisa juga melalui berita mulut ke mulut. Apabila usaha ini telah berkembang pesat, tentu keuntungan yang didapat juga lebih besar, bagi orang-orang dengan kreatifitas yang tinggi dan pergaulan yang luas sangat cocok menjalankan bisnis ini karena benar-benar sangat menjanjikan. Kalaupun bisnis ini tidak berjalan dengan baik, alat dan bahannya dapat dipergunakan untuk hal lain atau sepatu lukisnya dapat digunakan sendiri.

0 comments:

Post a Comment