Quote of the Day

more Quotes

Tuesday, December 4, 2012

Ternyata Disney Princess Diadaptasi dari Cerita Ini


Snow White

Sebelum Walt Disney mengambarkan kisah anak yang lucu, kurcaci baik, kisah Putri Salju jauh lebih jahat. Versi asli dari cerita Putri Salju ditulis oleh Grimm Brothers pada 1812. Walt Disney tidak menyertakan beberapa detail mengerikan termasuk Ratu jahat yang memakan (apa yang dia diyakini) adalah hati Putri Salju yang dijamin oleh pemburu yang sebenarnya adalah hati babi hutan.

Meskipun Putri Salju dalam versi aslinya semanis dan seglamor dalam versi Disney, kebangkitannya pada akhir itu jauh lebih tidak romantis dalam versi Grimm. Alih-alih dikembalikan ke kehidupan oleh ciuman cinta sejatinya, sepotong apel beracun tersangkut di tenggorokannya. Kemudian apel yang tersangkut ini lepas setelah
pengusung jenazah tersandung ketika membawa peti matinya dan menyebabkan dia bangun.

Berbeda dengan persepsi Disney tentang "happilly ever after", dalam versi Grimm Ratu jahat dipaksa menari dalam sepatu besi panas sampai dia meninggal, sebagai hukuman atas kejahatannya.




Cinderella

Cinderella adalah cerita putri yang sangat kuno dan multi-budaya. Versi asli Cinderella diadaptasi dari cerita rakyat yang diterbitkan oleh penulis Perancis Charles Perrault pada 1697.

Sebuah mitos Yunani kuno diterbitkan pada 1 SM bercerita tentang seorang gadis cantik dari Mesir yang sandalnya dicuri oleh elang dan dibawa kepada raja, yang melakukan pencarian besar-besaran bagi pemilik sepatu, dan menikahinya setelah dia ditemukan.

Versi lain yang diterbitkan di Cina kuno, digambarkan dengan seorang gadis yang bertemu dengan ikan yang bereinkarnasi sebagai ibunya. Gadis itu menggunakan tulang ikan ajaib untuk berpakaian indah untuk festival Tahun Baru. Setelah kehilangan sepatunya, ia bertemu dengan sang pangeran, yang membantu menyelamatkan dia dari ibu tiri jahat dan saudari tiri.


Aurora

Versi aslinya diterbitkan oleh Charles Perrault pada 1697 dan diadaptasi dari 'Fairy Tales Grimm' berkisah seputar seorang putri yang bernama Briar Rose. Sementara bagian pertama dari kisah ini agak mirip dengan versi Disney, bagian kedua jelas mencerminkan pengaruh Grimm, lengkap dengan raksasa.

Ternyata, pangeran tampan memiliki satu kelemahan yang cukup besar: ibunya adalah seorang raksasa wanita. Sleeping Beauty tidak tahu ini sampai ia menjadi Ratu dan memiliki dua anak dengan orang itu: seorang putri bernama L'Aurore dan seorang putra bernama Le Jour. Ketika ditunjukkan kepada ibu sang pangeran, ibu sang pangeran (yang ternyata adalah raksasa) tercinta berusaha untuk membunuh dan memakan Sleeping Beauty dan cucu-cucunya. Untungnya raja menyelamatkan keluarganya tepat pada waktunya dan melemparkan ibunya ke dalam lubang yang penuh dengan ular.



Ariel

'Little Mermaid' produksi Disney tahun 1989 melahirkan beberapa kesamaan dengan karakter aslinya, digambarkan dalam pertunjukkan balet 1837 oleh Hans Christian Anderson. Di kedua versi, sang putri menukarkan sirip putri duyung dan suara mereka untuk sepasangi kaki sehingga mereka bisa pergi ke pantai dan menemui pangeran.

The Little Mermaid asli mengumpulkan lebih banyak simpati karena penyihir laut mengutuknya dengan rasa sakit yang mengerikan setiap kali ia melahirkan berat pada kakinya. Tanpa bisa berbicara apa-apa, satu-satunya cara dia bisa mencoba untuk mengesankan sang pangeran adalah dengan menari.
Lebih sakitnya lagi, sang pangeran menikahi gadis lain dan si putri duyung menghilang menjadi buih.



Belle

Pertama kali diterbitkan pada 1740 oleh Gabrielle-Suzanne Babot de Villeneuve, ditulis untuk mempromosikan perjodohan kala itu antara gadis-gadis muda dengan pria-pria kaya yang tidak menarik.

Beauty abad ke-18 berumur 14 tahun dari seorang pria kaya yang sebelumnya kehilangan kekayaannya. Ia 'dijanjikan' kepada Beast oleh ayahnya, dia pergi ke istananya dengan sengaja, di mana dia dijamu oleh semua kekayaannya. Ketika saudarinya mengetahui bahwa Belle telah tersangkut oleh sugar daddy, mereka membujuknya untuk meninggalkan istana, dengan harapan bahwa Beast akan menjadi marah dan makannya hidup-hidup. Sebaliknya, Beast hampir meninggal karena patah hati. Ketika ia kembali menghiburnya, ia berubah menjadi pangeran tampan.




Jasmine

Jasmine tidak memiliki sebuah peran besar dalam cerita rakyat Timur Tengah kuno seperti yang dia lakukan pada tahun 1992 interpretasi Disney. Nama aslinya adalah Putri Badroulbadour, putri emporer dari timur jauh. Putri B itu tidak sulit mendapatkan apa yang didapat Jasmine - ia menikah dengan Aladdin kemudian jin membuatnya kaya, dan mereka tinggal di sebuah istana yang rumit.

Penyihir jahat mendapat kendali lampu ajaib dengan mengunjungi Putri B, berpura-pura menjadi seorang pedagang lampu yang akan membantu dengan dekorasinya dengan mengganti lampu lamanya dengan yang baru. Untungnya ia dikalahkan di akhir dengan bantuan dari jin, dan pasangan Aladin - Putri B hidup bahagia selamanya.


0 comments:

Post a Comment