Quote of the Day

more Quotes

Thursday, December 5, 2013

Banyak Teman, Pengaruhi Otak

Peneliti dari Oxford University meneliti bagaimana otak kita bekerja ketika banyak teman.

Banyak teman bisa mengubah struktur otak kita. Pasalnya, mereka yang punya banyak teman dan keahlian sosial memiliki satu bagian otak yang lebih besar daripada mereka yang punya sedikit teman.

Penelitian yang rilis di pertemuan tahunan Society for Neuroscience, memunculkan fakta akan hal ini. Peneliti dari Oxford University meneliti bagaimana otak kita bekerja ketika banyak teman.

Secara detail belum diketahui bagaimana otak mengatur perilaku manusia dalam berteman. Atau bagian otak mana, yang terhubung pada perilaku sosial yang ada hubungannya dengan autisme atau skizofrenia.
Penelitian dilakukan dengan 18 subjek. Mereka ditanya berapa teman yang mereka miliki dan interaksi sosialnya. Akhirnya diketahui bahwa ada bagian otak yang besar yaknitemporal parietal junction, anterior cingulate cortex dan rostral prefrontal cortex. Bagian itu membentuk jaringan mental yakni kemampuan menyampaikan pikiran kepada orang lain.

Tiga bagian otak yang berbeda ini akan semakin harmonis terhubung kalau semakin banyak sosialisasi yang dilakukan. Tetapi peneliti belum bisa lebih lanjut menemukan apakah interaksi sosial sebagai penyebabnya atau memang sudah ada dari dulu.

Ini bukan tanpa kompensasi, jika ada bagian otak yang besar maka ada yang kecil. Jika bagus dalam sosialisasi maka belum tentu bagus dalam membagi waktu.

0 comments:

Post a Comment