Quote of the Day

more Quotes

Monday, January 20, 2014

Berbisnis dengan Pemerintah

Pada 2011, salah satu harian terkemuka di Amerika Serikat, Wall Street Journal, pernah menerbitkan tulisan pengusaha sekaligus investor sukses di Lembah Silikon, Marc Andreessen, dengan judul Why is Software Eating The World. Dalam tulisan ini, Marc menyadarkan kita bahwa betapa dunia yang kita huni banyak bergantung pada perangkat lunak. Marc juga menarasikan dengan sangat baik tentang bisnis-bisnis tradisional yang sudah ditransformasi oleh perangkat lunak, atau perusahaan yang mengandalkan kekuatan perangkat lunak. Bagaimana dengan pemerintahan?

Dalam esai fenomenal itu, Marc memberi kita beberapa contoh bidang atau lingkungan yang proses di dalamnya sangat bergantung pada keberadaan perangkat lunak tertentu. Marc menyebut Amazon sebagai contoh pertama. Sebelum Amazon muncul, banyak orang pesimis tentang ide menjual buku secara online, termasuk di antaranya toko buku terkemuka di negeri Paman Sam, Borders. Tapi kini, satu dekade lebih setelah Amazon lahir, nasib atau peruntungan sepertinya berbalik 360 derajat. Amazon, yang menjual buku secara online, jauh lebih sehat dan besar ketimbang Borders.

Di dunia hiburan, hal yang sama juga terjadi. Bisnis rental CD dan DVD, yang dahulunya dikuasai Blockbuster, saat ini sudah beralih ke tangan Netflix. Dalam bisnis perekrutan, ada LinkedIn, yang sepertinya mulai memakan keuntungan biro rekrutmen di Amerika Serikat. Di dunia jual-beli musik, ada iTunes, yang dianggap orang justru menjadi penyelamat industri musik dari ancaman situs file-sharing atau torrentz yang kadang menyediakan album atau lagu bagi penggunanya tanpa royalti sepeser pun untuk artis yang berkepentingan. Di dunia penerbangan, sukses atau tidaknya penerbangan Anda atau jutaan penumpang lain dari satu tempat ke tempat lain mungkin sekali sangat dipengaruhi oleh software. Saat software ngadat, Anda sepertinya akan batal bepergian.

Uniknya, Marc Andreessen tidak atau mungkin lupa menjelaskan bahwa sesuatu yang sama sebenarnya juga terjadi di dunia pemerintahan, khususnya untuk bidang pengelolaan keuangan, baik di level daerah maupun nasional. Di level daerah, saat ini ada sebuah software,atau lebih tepatnya sistem informasi yang digunakan oleh ratusan pemerintahan daerah di Indonesia untuk mengelola keuangannya. Tanpa software ini, mereka akan mati suri atau kembali ke metode lama, yakni menggunakan mesin tik. Dan itu baru untuk pengelolaan PBB. Untuk pajak-pajak lainnya, ternyata hal yang sama juga terjadi, perangkat lunaklah yang menentukan atau mengendalikan. Secara tidak langsung, bolehlah kita menuliskan kalimat: Software is eating the government.

Bagi Anda para programmer atau developer, keadaan ini seharusnya bisa menjadi peluang besar yang bisa Anda manfaatkan. Bila Anda bisa membuat sistem informasi, Anda harusnya mampu menjadi penyedia atau vendor (baca: ISV alias Independent Software Vendor) bagi kantor, dinas, atau institusi pemerintahan tersebut, karena hampir semua lembaga tersebut pasti membutuhkan sistem informasi yang berbasis komputer. Menariknya, berbisnis dengan pemerintah itu hampir pasti bisa mendatangkan uang dalam jumlah yang lebih besar ketimbang saat Anda berbisnis dengan konsumen rumahan atau eceran.



sumber: http://pengusahamuslim.com/ketika-software-mengendalikan-pemerintahan-1831#.UtSatdIW0kQ

1 comments:

AmandaCarl said...

Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
dengan kemungkinan menang sangat besar.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
• AduQ
• BandarQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• FaceBook : @TaipanQQinfo
• WA :+62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
Come & Join Us!!

Post a Comment